"PENAJAMAN KISI-KISI & PENULISAN SOAL, SERTA PEMBAHASAN SOAL SESUAI SKL Matematika SMP UN 2012"
Hasil bedah SKL yang digagas MKKS SMP Kabupeten Kebumen dalam rangka meningkatkan mutu Hasil UN 2012 adalah dengan mendatangkan Narasumber dari para pembuat, penulis soal BSNP.
Hal ini dilakukan mengingat pentingnya materi ini untuk memberikan bekal kepada Ibu/ bapak guru agar lebih memahami indikator dan penjabarannya dikaitkan dengan materi di dalam SKL tersebut.
Atas usul ,saran dan tanggapan peserta bedah SKL di Candisari maupun peserta diklat PEmberdayaan MGMP Matematika semua POkJa , maka sebagai tindak lanjut dari Bedah SKL ini akan ditindak lanjuti di tingkat MGMP Matematika SMP Kabupaten Kebumen,
Kegiatan MGMP Matematika fokus kepada " Penajaman Kisi-kisi dan Penulisan Soal sesuai SKL 2012 dan pembahasannya lebih mendalam", untuk itu dimohon Ibu/Bapak Guru Matematika bisa mengikuti kegiatan ini.
Kegiatan MGMP berupa "PENAJAMAN KISI-KISI & PENULISAN SOAL, SERTA PEMBAHASAN SOAL SESUAI SKL Matematika SMP UN 2012" akan dilaksanakan :
Hari : Minggu , 5 Februari 2012
Tempat : SMP Negeri 7 Kebumen
Fasilitas : konsumsi, 4 paket soal TUC sesuai SKL,sertifikat
TerBUKA Untuk Guru SMP /MTs
1. lewat email : mgmp_mathkbm@yahoo.com
2.sms ke.081 227 725 725 (sms only) dengan format :
Nama*Unit kerja*alamat
Berikut ini Indiktor dan SUb Indikator, yang akan dibahas , semoga bisa menambah wawasan ibu/bapak guru semua terutama guru matematika SMP di Kabupaten Kebumen.:
RUANG LINGKUP SKL MATEMATIKA
UJIAN NASIONAL TAHUN 2011-2012
SKL.1
Menggunakan konsep operasi hitung dan sifat-sifat bilangan, perbandingan, bilangan berpangkat dan bentuk akar, aritmetika sosial, barisan bilangan , serta penggunannya dalam pemecahan masalah ( BILANGAN )
Indikator:
1. Menghitung operasi tambah, kurang , kali atau bagi pada bilangan ( bulat dan pecahan ) ( 2 soal )
a. Konsep operasi campuran
b. Aplikasi
2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan skala dan perbandingan ( 2 soal )
a. Perbandingan senilai
b. Perbandingan berbalik nilai
c. Aplikasi berkaitan dengan perbandingan
3. Menyelesaikan masalah berkaitan dengan bilangan berpangkat atau bentuk akar ( 3 )
a. Mengubah bentuk akar ke pangkat pecahan dan sebaliknya
b. Menentukan hasil perpangkatan bilangan negatif atau pecahan
c. Menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan bilangan bentuk akar
d. Menentukan hasil perkalian dan pembagian bilangan bentuk akar
e. Merasionalkan pecahan dengan penyebut bentuk akar
4. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbankan dan koperasi ( 1 soal )
a. Angsuran/bulan
b. Waktu/lama
c. Bunga pertahun
d. Besar tabungan awal
5. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan dan deret ( 3 soal )
a. Barisan bilangan :
- Menentukan Un, jika unsur yang diperlukan diketahui dari barisan bilangan
Aritmatika dan geometri
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan aritmatika
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan geometri
b. Deret
- Menentukan jumlah n suku pertama deret aritmatika atau geometri, jika unsur
yang diperlukan diketahui
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan deret aritmatika
- Menyelesaikan masalah berkaitan dengan deret geometri
|
SKL. 2: Memahami operasi bentuk aljabar, konsep persamaan dan pertidaksamaan linear, persamaan garis, himpunan, relasi fungsi, sistem persamaan linear, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah. ( ALJABAR )
Indikator:
1. Pemfaktoran bentuk aljabar ( 1 soal )
a. Faktor persekutuan
b. Faktor selisih dua kuadrat atau ax2+ by2
c. Bentuk ax2+bx +c
2. Menyelesaikan persamaan linier satu variabel atau penyelesaian pertidaksamaan linear satu variabel ( PLSV atau PtLSV ) ( 1 soal )
a. Persamaan linier satu variabel
- Persamaan linear satu variabel
- Aplikasi
b. Pertidaksamaan linear satu variabel
- Penyelesaian pertidaksamaan linear satu peubah
- Himpunan penyelesaian pertidaksamaan linear satu peubah
3. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan himpunan ( 1 soal )
a. Operasi himpunan : irisan, gabungan, komplemen atau pengurangan dua himp.
b. Aplikasi
4. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi ( 1 soal )
a. Domain, kodomain dan range
b. Konsep relasi / fungsi
c. Nilai fungsi
5. Menentukan gradien, persamaan garis dan grafiknya . ( 2 soal )
a. Gradien (mel 2 titik atau gambar)
b. Persamaan garis ( melalui 2 titik, sejajar atau tegak lurus )
c. Grafik ( disajikan grafik, menentukan persamaan garis )
6. Menentukan penyelesaian sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) ( 1 soal)
a. Konsep SPLDV
b. Aplikasi
|
SKL. 3
Memahami bangun datar, bangun ruang, garis sejajar, dan sudut, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah. (GEOMETRI)
1. Menyelesaikan soal menggunakan teorema Pythagoras. ( 1 soal )
a. Menghitung panjang sisi segitiga
b. Penyelesaian soal-soal menggunakan teorema Phytagoras
2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun dua bangun datar (1soal)
a. Luas gambar gabungan dari dua bangun datar
b. Masalah yang berkaitan dengan luas gabungan dua bangun datar
c. Aplikasi
3. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar ( 1 soal )
a. Keliling gambar gabungan dari dua bangun datar
b. Masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar ( aplikasi )
4. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan dua garis, besar dan jenis sudut, serta sifat sudut yang terbentuk dari dua garis yang dipotong garis lain.(2 soal)
a. Sudut pada segitiga ( sederhana, tanpa variabel )
b. Sudut pada dua garis sejajar
c. Sudut pada lingkaran
d. Sudut berpelurus atau berpenyiku
5. Menunjukkan garis-garis istimewa pada segitiga ( garis berat, garis tinggi, garis bagi dan garis sumbu ) ( 1 SOAL )
6. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan unsur-unsur / bagian-bagian lingkaran atau hubungan dua lingkaran ( 2 soal )
a. Menghitung panjang busur atau luas juring
- Diketahui sudut pusat dan jari-jari/diameter
-Diketahui dua sudut pusat busur dan panjang salah satu busur atau luas juring
b. Garis singgung persekutuan dua lingkaran
-garis singgung persekutuan dalam
-garis singgung persekutuan luar
7. Mennyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep kesebangunan atau kongruensi ( 3 soal )
a. Kesebangunan
-Identifikasi kesebangunan (menentukan sisi bersesuaian atau sudut yang sama)
-Menyelesaikan masalah yang berkaitan konsep kesebangunan ( Aplikasi dan pengembangan )
b. Kongruensi
- Identifikasi kongruensi ( menentukan panjang sisi yang sama, sudut yang sama besar )
-Menentukan syarat kongruensi
8. Menentukan unsur-unsur pada bangun ruang ( 1 soal )
a. Pada sisi datar
b. Pada sisi lengkung
9. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan model kerangka atau jaring-jaring bangun ruang ( 1 soal )
a. Model kerangka
b. Jaring-jaring
10. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang ( 2 soal )
a. Bangun ruang sisi datar
b. Bangun ruang sisi lengkung
11. Menyelesaikan masalah yang berkaitan luas permukaan bangun ruang ( 2 soal )
a. Bangun ruang sisi datar
b. Bangun ruang sisi lengkung
|
SKL. 4
Memahami konsep dalam statistika, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah. (STATISTIKA )
1. Menentukan ukuran pemusatan dan menggunakan dalam menyelesaikan masalah sehari-hari. ( 2 soal )
a. Mean, median dan modus sebuah data ( data tunggal )
b. Mean, median dan modus sebuah data pada tabel frekuensi
c. Menafsirkan data pada tabel frekuensi ( banyak siswa dibawah atau diatas nilai rata-rata )
d. Aplikasi ( Menentukan rata2 jika 2 orang bergabung atau keluar dari kelompok semula)
2. Menyajikan dan menafsirkan data ( 1 soal )
a. Diagram lingkaran,
b. Diagram garis dan
c. Diagram batang
|
SKL 5
Mampu memahami konsep peluang suatu kejadian serta menerapkannya dalam
Pemecahan masalah ( PELUANG )
1. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian ( 2 soal )
a. Peluang suatu kejadian
b. Aplikasi
|
REKAPITULASI :
SKL 1 = 11 SOAL
SKL 2 = 7 SOAL
SKL 3 = 17 SOAL
SKL 4 = 3 SOAL
SKL 5 = 2 SOAL
=========== +
JUMLAH = 40 SOAL
Bro...
BalasHapusSaya bisa dikasih soal yang SUDAH di pake TUC di Kab Kebumen tahun 2012 ini ga?
ntar kuBARTER dg yg dari t4ku
Thaks
Saya juga mohon ijin Copas sebagian postingan ini ya ...
BalasHapus